Bottom Roughness Analysis

Bottom roughness analysis adalah analisis yang diperlukan untuk mensimulasikan kondisi pipeline pada seabed apabila dipasang/di-laying, seh...

Bottom roughness analysis adalah analisis yang diperlukan untuk mensimulasikan kondisi pipeline pada seabed apabila dipasang/di-laying, sehingga apabila terdapat free span atau titik sepanjang pipa yang berisiko mengalami stress/tegangan yang tinggi dapat diketahui sejak awal sehingga dapat direncanakan perbaikan kondisi seabed sebelum pipa dipasang (pre-lay correction) atau pun setelah pipa dipasang (post lay correction). Analisis bottom roughness menggunakan software elemen hingga dan simulasi dijalankan pada kondisi empty, hydrotest, dan operational.
Input dari analisis ini diantaranya adalah properti dari pipeline yang mencakup dimensi dan berat, profil dasar laut, kondisi tanah di dasar laut, tekanan hydrotest (nantinya digunakan dalam kondisi hydrotest), tekanan desain, dan temperatur desain.
Hasil yang diperoleh dari bottom roughness analysis adalah besar free span pipa yang direkomendasikan dan besar tegangan pipa. Output ini kemudian dibandingkan dengan hasil perhitungan/desain mengenai free span dan tegangan pipa. Untuk mendapatkan output tersebut dibutuhkan analisis dalam software elemen hingga. Analisis dimulai dengan memasukkan koordinat dari dasar laut yang dijadikan bahan prediksi free span pipa. Dengan software elemen hingga, input-input diolah berdasarkan kondisi empty, hydrotest, dan operational. Secara keseluruhan, estimasi dari panjang free span pipa didapatkan dengan menganggap pipa digelar pada posisi sesuai desain, padahal dalam kondisi nyata lokasi penggelaran pipa tidak tepat berada posisi desain sehingga free span bersifat indikatif. Oleh karena itu, survei post-lay dibutuhkan agar dapat dibuktikan seberapa besar free span yang terjadi pada pipeline.

Setelah didapatkan free span pipa yang direkomendasikan, langkah selanjutnya adalah melakukan remedial action untuk membenahi permasalahan-permasalahan yang ada di pipeline, seperti menghilangkan free span panjang dengan meratakan dasar laut dengan cara pengerukan tanah.


Sumber : Kuliah KL4220 Pipa Bawah Laut

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images